Solusi Mengembalikan File yang Terhapus Permanen

Saat ini kebergunaan smartphone menjadi lebih penting dengan adanya fungi dapat menyimpan file. Terlebih dengan kapasitas memori internal super besar yang ditawarkan smartphone-smartphone terbaru, maka menyimpan banyak file seperti foto dan video di smartphone sudah lazim dilakukan para pengguna.


Meskipun demikian, hal itu tidak menjamin file kita aman dari risiko hilang. Tidak hanya karena virus, kelalaian diri sendiri kadang membuat kita tidak sengaja menghapus foto atau video yang seharusnya tidak dihapus. Parahnya lagi, kita seperti tidak bisa melakukan apa-apa ketika file tersebut sudah terhapus permanen.

"Aduh mas"

Tenang aja. Karena solusi masih menjadi dambaan semua umat. Sobat nyatanya masih bisa mengembalikan foto-foto atau video berharga sobat yang tidak sengaja terhapus. Berikut Zonamirrow bagikan tips mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Android secara permanen, dan yang pasti tanpa root.

Solusi Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Android

Ada beberapa cara atau metode yang bisa sobat gunakan untuk mengembalikan file, terutama foto dan video, yang terhapus permanen di Android sobat. Di bawah ini ada beberapa cara yakni menggunakan bantuan komputer maupun hanya dengan Smartphone sobat. Simak dan ikuti langkah-langkah di setiap metode berikut.

Menggunakan Komputer

1. Gunakan Recuva File Recovery
  • Jalankan aplikasi ini, kemudian sambungkan perangkat Android kamu dengan komputer menggunakan kabel USB.
  • Sekarang kamu bisa memilih jenis file apa yang ingin kamu kembalikan ke Android kamu.
  • Jika bingung, kamu bisa memilih "All Files" untuk mengembalikan semua jenis file.
  • Selanjutnya, pilih lokasi terakhir file sebelum hilang atau terhapus. Setelah menentukan lokasinya, klik "OK" untuk memulai proses pencarian.
  • Aplikasi akan melakukan scanning dan mencari file yang hilang atau terhapus. 
  • Tunggu hingga proses komplit, maka file yang hilang bisa sobat ambil kembali.



2. Gunakan Wondershare Dr. Fone
  • Pertama, instal Wondershare Dr. Fone di komputer sobat. 
  • Lalu sambungkan perangkat Android sobat pada komputer menggunakan kabel USB.
  • Sobat perlu mengaktifkan mode "USB debugging" di smartphone Android Sobat.
  • Di tahap ini, smartphone Android sobat sudah terhubung dengan aplikasi. Sekarang tinggal memilih file jenis apa yang ingin sobat kembalikan.
  • Setelah memilih, aplikasi akan otomatis melakukan scanning dan memunculkan kembali file-file yang hilang. 
  • Klik "Recover" ketika sudah menentukan file mana saja yang ingin dikembalikan.
3. Gunakan MobiKin Doctor
  • Instal MobiKin Doctor di perangkat komputer Sobat terlebih dulu.
  • Sambungkan Android pada komputer, dan jangan lupa mengaktifkan mode "USB debugging" pada smartphone.
  • Selanjutnya, sobat bebas memilih file apa yang ingin di kembalikan. 
  • Lalu klik "Recover".


Menggunakan Smartphone

Gunakan Aplikasi Sampah. Bukan berarti sobat menggunakan aplikasi yang tidak berguna, malah sebaliknya, aplikasi ini sangatlah berguna di kala sobat mengalami kelalaian saat menghapus sebuah file penting. Aplikasi sampah adalah aplikasi yang berguna menampung sesampahan di Smartphone. Berikut aplikasi dan cara menggunakannya.

1. Dumpster - Recycle Bin

Dumpster adalah aplikasi yang bisa sobat dapatkan di Google Play Store secara gratis. Aplikasi ini berguna untuk membuat semacam recycle bin yang biasanya ada di komputer, kini tersedia di smarthone Android sobat. Jadi, kapanpun sobat gak sengaja menghapus file berharga, sobat langsung bisa mengembailkannya karena file itu masih tertampung di recycle bin.

2. Es File Explorer

Sedikit berbeda dari Dumpster, aplikasi yang satu ini sejatinya adalah aplikasi yang mengatur dan merapikan file. Namun, aplikasi ini juga punya salah satu fitur serupa recycle bin sehingga memungkinkan file yang terhapus masih bisa dikembalikan secara mudah.

Sekarang jangan bersedih lagi, karena sobat sudah bisa mendapatkan file sobat yang berharga bukan, dan sampai di sini juga kami memberikan Solusi mengembalikan File yang Terhapus Permanen di android sobat. Jangan bosen-bosen untuk membaca tips-tips dari kami, terimakasih

2 Responses to "Solusi Mengembalikan File yang Terhapus Permanen"

komentar sesuai dengan topik