Ingin Memulai NgeBlog? Ini yang Harus Dilakukan

Memulai ngeblog bagi sebagian orang memang terlihat susah, hal ini mungkin disebabkan ketidaktahuannya tentang bagaimana harus memulai, padahal untuk membuat blog sebenarnya sangat mudah.

Asal ada niat, semua kendala untuk ngeblog pasti bisa diatasi dengan baik. Saat ini fasilitas untuk bisa terkoneksi dengan jaringan internet sudah semakin mudah, bisa menggunakan komputer, laptop, bahkan hanya bermodal telepon genggam pun bisa memulai ngeblog.


Ada banyak cara dan gaya untuk bisa membuat blog. Untuk hasil yang optimal, beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum memulai ngeblog diantaranya adalah :

1. Menentukan tujuan blog


Segala sesuatu pada dasarnya tergantung niat, begitu pula jika ingin memulai ngeblog. Ada banyak tujuan seseorang membuat blog.

Sebagaimana kertas kosong, siaapun bisa memanfaatkan blog tersebut untuk berbagai tujuan.

Blog bisa digunakan untuk sekedar sarana curhat, bisa digunakan untuk sarana promosi produk, bisa untuk jualan, bisa untuk membuat propaganda dalam menyampaikan sesuatu pendapat, bisa dijadikan sebagai sarana berbagi ilmu pengetahuan, bahkan dengan blog bisa digunakan untuk mesin pencari uang di internet.

Menentukan tujuan ngeblog sedari awal memang sangat penting. Dengan kepastian tujuan inilah seorang blogger bisa menentukan arah tujuannya, yakin dengan keputusan yang diambil, sehingga bisa mencintai proses ngeblognya secara konsisten.

Tak dapat dipungkiri, Ngeblog memang akan membutuhkan banyak waktu, tenaga, dan pikiran. Untuk itulah, tetapkan tujuan yang pasti saat memulai ngeblog.

2. Memilih topik yang akan dibahas dalam blog

Selain pilihan tujuan yang banyak, salah satu hal yang tidak kalah penting adalah menentukan topik bahasan yang akan ditulis di blog yang akan dibuat. Topik ngeblog ini sering disebut niche blog.

Ada banyak niche yang bisa dipilih jika ingin memulai ngeblog. Mulai tema-tema umum seperti berita, hingga pilihan tema lain yang sesuai dengan minat dan bakat yang dikuasai.

Menekuni hobi sambil menulis bisa menjadi pilihan menarik, begitu juga dengan pekerjaan yang selama ini ditekuni juga bisa ditulis di blog. Materi-materi bahasan yang dekat dengan kita, bisa menjadi modal besar untuk menulis.

3. Memilih platform yang cocok untuk ngeblog

Setelah menentukan tujuan dan topik blog, langkah selanjutnya adalah dengan menentukan platform blog yang akan digunakan. Platform blog disini terkait dengan berbagai layanan yang dapat kita manfaatkan untuk ngeblog. Beberapa layanan ngeblog gratis yang tersedia saat ini diantaranya misalnya platform Blogger.comWordPress.com, dan Tumblr.com.


Dari setiap platform gratis yang tersedia tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika Anda ingin ngeblog lebih serius, bisa juga menggunakan platform blog berbayar, yakni dengan menyewa hosting dan domain dari pihak ketiga.

4. Berani memulai ngeblog, berarti harus berani menulis


Membuat blog itu memang mudah, satu tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh para blogger pemula adalah keberanian menulis secara konsisten.

Mulailah menulis artikel sesuai dengan kemampuan yang ada dulu. Buatlah target tulisan, misalnya sehari satu, seminggu satu atau sebulan seratus tulisan. Menulislah sesuatu yang sesuai dengan passion, tujuan dan topik blog yang telah tentukan.

Kemampuan menulis seseorang biasanya juga sangat tergantung dari kemampuan membacanya. Apa yang tercurah dalam tulisan biasanya merupakan segala pengalaman yang pernah masuk ke otak kita.

Untuk memperkuat tulisan yang ada, upayakan untuk banyak membaca, melihat, dan berbincang dengan orang lain. Bahan bacaan bisa bermacam-macam, bisa membaca buku, majalah, koran, maupun blog orang lain.

5. Pertimbangkan kemudahan navigasi dan tampilan blog


Kemudahan navigasi dan tampilan blog, juga menjadi faktor penting untuk memberi kenyamanan pada para pengunjung. Artikel-artikel yang telah ditulis upayakan untuk mudah dibaca, warna yang nyaman dimata, dan tata letak yang baik.

Buatlah kategori artikel berdasar kelompok tema. Hal ini berguna untuk mempermudah pengunjung untuk mencari artikel lain yang terkait. Untuk mendapatkan tampilan dan navigasi yang optimal, Anda bisa mengganti tamplate blog dan memasang widget.

Itula beberapa Tips Memulai Ngeblog Bagi Pemula, Segeralah bertindak, Semoga sukses..!!

0 Response to "Ingin Memulai NgeBlog? Ini yang Harus Dilakukan"

Post a Comment

komentar sesuai dengan topik